Wow! Inilah 3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah Lingkungan lho


Wow!Inilah 3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah Lingkungan lho

Wow! Inilah 3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah Lingkungan lho

3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah LingkunganSaat ini gaya hidup ramah lingkungan kian populer di seluruh dunia. Bahkan belakangan ini gaya hidup eco-friendly alias ramah lingkungan merambah ke bidang fashion juga lho. Seperti fashion designer dunia sekelas Stella McCartney juga sudah membuat pakaian yang ramah lingkunga. Eco-fashion lahir dari kesadaran ingin melestarikan bumi dan rasa tanggung jawab akan kesehatan lingkungan.

Beberapa brand eco-fashion sudah mulai bermunculan sejak lima tahun yang lalu. Indonesia pun sudah memilikinya, walau masih sedikit. Berikut ini 4 local brand asal Indonesia yang memiliki konsep eco-friendly fashion:

Osem

Wow! Inilah 3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah Lingkungan lho

Local brand yang pertama ini lahir pada bulan Agustus 2014 dan dibentuk oleh lima orang sahabat yang berlatar belakang dari jurusan Arsitek dan Arsitek Interior dari Universitas Indonesia. Sejak awal mereka memang hanya ingin bermain dengan warna biru yang dihasilkan pewarna alam dari tumbuhan Indigofera Tinctoria. Indigo pula yang meyakinkan mereka untuk membuat label yang dalam setiap prosesnya lebih conscious dan lebih ramah dampaknya terhadap alam dan juga sosial. Tak hanya menjual produk berbahan ramah lingkungan, mereka juga sering melakukan workshop juga berkampanye memberikan edukasi tentang mode yang eco-friendly.

Haku

Wow! Inilah 3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah Lingkungan lho

Tak hanya dalam hal pakaian saja, local brand selanjutnya merupakan brand footwear dari Jakarta yang diluncurkan oleh dua adik kakak Nina Kharisma dan Syifa Affin pada Oktober 2017. Merek footwear yang satu ini berfokus pada produk yang bebas animal cruelty, Haku membuat produk alas kaki dari vegan suede dengan desain feminin yang bisa digunakan untuk santai maupun formal. Vegan shoes adalah alas kaki yang dibuat dari vegan leather, vegan suede, atau bahan lain yang menggantikan bahan kulit asli.

Cinta Bumi Artisan

Wow! Inilah 3 Local Brand Indonesia yang Ternyata Ramah Lingkungan lho

Selanjutnya, ada merek Cinta Bumi oleh Novieta Tourisia. Berawal dari kecintaan dan kepeduliannya akan kelestarian budaya, tradisi dan seni kriya masyarakat adat di Indonesia, Cinta Bumi Artisans lahir pada 2015 dan berbasis di Ubud, Bali. Brand ini mengandalkan kulit pohon yang diolah dengan tangan-tangan pengrajin lokal sehingga menghasilkan bahan yang bertekstur seperti kertas-kulit. 

Dengan teknik dan pola pemotongan yang efisien, Cinta Bumi memastikan tidak ada limbah yang terbuang sia-sia. Hasilnya adalah koleksi produk yang beragam. Mulai dari tote bagpouchclutch, aksesori, hingga koleksi tekstil ramah lingkungan.  

Nah, itu dia 3 local brand yang eco-friendly dari Indonesia. Sangat kreatif bukan? Kalian bisa menjadikan salah satu produk brand diatas sebagai kado untuk orang tersayang selain bouquet bunga pada umumnya lho.

Comments